-->

Rangkuman Materi UN/UNBK Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL7

Rangkuman Materi UN/UNBK Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL 7 merupakan lanjutan rangkuman ujian nasional b. Indonesia bagian ke-6 tentang hikayat dan gurindam, berbeda dengan sebelumnya bagian ketujuh berisikan tentang "Cerpen dan Drama".

Berikut, ringkasan yang dirangkum dalam satu materi cerpen dan drama, dilengkapi contoh soal dan pembahasan per-sklnya.

7# Cerpen dan Drama


Cerpen

Unsur intrinsik sebuah cerpen atau novel meliputi (1) tema/masalah (hal yang menjadi permasalahan cerita), (2) sudut pandang (cara pengarang menempatkan dirinya dalam cerita), (3) alur (rangkaian peristiwa meliputi konflik, penyebab konflik, akibat konflik, dan pembahasan konflik), watak (karakter tokoh), dan amanat (pesan tersurat atau tersirat). Sedangkan unsur ekstrinsiknya antara lain nilai-nilai yang terkandung dalam cerita (nilai moral, sosial, budaya, agama, dan estetika).

Drama

Drama adalah sebuah karya yang dipertunjukkan dan diperankan. Unsur intrinsic dan ekstrinsik drama tidak berbeda jauh dengan cerpen. Hal yang membedakannya adalah penyajiannya. Cerpen menggunakan tulisan berbentuk pragraf, sedangkan drama dengan pertunjukkan prosa.

Latihan Soal Tipe UN/UNBK B. Indonesia dan Pembahasannya 7#

1. Cermatilah puisi berikut!
TERATAI
Kepada Ki Hajar Dewantara
Dalam kebun di tanah airku
Tumbuh sekuntum bunga teratai
Tersembunyi kembang indah permai
Tiada terlihat orang yang lalu
Akarnya tumbuh di hati dunia
Daun berseri, Laksmi mengarang
Biarpun dua diabaikan orang
Seroja kembang gemilang mulia
Maka lambang bunga teratai pada larik puisi tersebut adalah …..
a. seorang pengarang
b.penjaga kebun
c. orang tak dikenal
d. tokoh pendidikan
e. penjaga hati
Jawaban: D

Pembahasan:
Sebelumnya dapat dilihat keterangan di bawah judul bahwa ini adalah puisi seorang tokoh pendidikan. Terlebih lagi lambang ‘bunga teratai’ menunjukkan keindahan yang tersembunyi, yang keindahannya sering terabaikan karena tempat hidupnya di air. Begitu pula tokoh pendidikan, jasanya terasa tetapi jauh dari sorotan orang.

2. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama!
(1) Ia seorang yang tak suka keramaian. (2) Ia senang duduk dalam kamarnya menyendiri, mengarang cerita, menulis syair, atau berpikir. (3) Yang belakangan inilah paling sering diperbuatnya. (4) Maklum, orang tak setiap hari bisa mengarang. (5) Apalagi orang seperti dia yang kerap kali duduk-duduk saja, terpisah dari dunia ramai. (6) Tapi pikirnya produktif dan makin banyak kertas yang ditulisnya. (7) Istrinya suka akan tabiatnya yang demikian itu.
Kalimat pembuktian watak tokoh “ia” serang yang rajin terdapat pada kalimat nomor ….
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (4) dan (5)
e. (6) dan (7)
Jawaban: E

Pembahasan:
Dalam kalimat nomor 6 dan 7 terdapat diksi yang menunjukkan bahwa tokoh “ia” adalah karakter yang rajin, yaitu produktif dan istrinya suka akan tabiatnya. Produktivitas seseorang berawal dari sifat rajin dalam diri seseorang.

Lanjut ke ringkasan tentang Kata Serapan, Kata Baku, dan Kata Penghubung => Rangkuman Materi UN/UNBK Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL 8
LihatTutupKomentar