-->

Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, & Struktur Biografi

Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, & Struktur Biografi|Secara Umum, Pengertian Biografi adalah sebuah goresan pena yang membahas mengenai kehidupan seseorang. Secara sederhana, Pengertian Biografi ialah sebuah kisah riwayat hidup seseorang. Biografi juga sanggup diartikan sebagai suatu kisah atau keterangan perjalanan kehidupan seseorang bersumber dari kisah nyata. Istilah Biografi berasal dari bahasa Yunani dari kata bios dan graphien. Arti kata bios adalah hidup dan graphien berarti tulis. Biografi sanggup terdiri dari beberapa baris atau lebih daru satu buku.

Biografi terdiri dari biografi singkat dan biografi panjang, dimana biografi singkat hanya berisi fakta-fakta kehidupan seseorang dan tugas yang penting. Sedangkan biografi panjang terdiri dari gosip penting yang dikisahkan dengan lebih detail dan ditulis dengan gaya bercerita yang baik.

Dari biografi sanggup ditemukan kejadian-kejadian hidup seseorang atau misteri hidup seseorang dengan klarifikasi berupa tindakan atau sikap dalam hidupnya. Biografi sanggup menceritakan kehidupan tokoh penting/terkenal dan tidak terkenal, namun biasanya Biografi bercerita wacana tokoh-tokoh sejarah baik yang hidup maupun yang telah tiada. Sekarang ini biografi banyak ditulis secara kronologis. 

Biografi sendiri memerlukan materi atau sumber pendukung baik itu berupa benda ibarat buku harian, surat-surat, kliping koran, dll sebagai materi pendukung utama. Sedangkan materi pendukung biasa ialah buku referensi, yang menjelaskan peranan seseorang dalam biografi.

Ciri-Ciri Biografi 

Adapun ciri-ciri biografi antara lain sebagai berikut.. 
1. Biografi terdiri dari struktur: orientasi, kejadian atau masalah, serta reorientasi 
2. Berisi gosip fakta dan disajikan dalam bentuk narasi atau cerita
3. Faktualnya (fakta) berdasarkan kejadian hidup seseorang yang dinarasikan dalam tokoh biografi. 
4. Komponen penting dalam teks biografi adalah... 
  • Judul 
  • Menarik dan mengesankan dari kehidupan tokoh yang diceritakan
  • Mengagumkan dan mengharukan dari kehidupan tokoh yang diceritakan 
  • Dapat dicontoh dan diteladani dari kehidupan tokoh

Struktur Biografi

 Struktur biografi ialah sebagai berikut... 
1. Orientasi: Orientasi merupakan bab yang menjelaskan pengenalan tokoh yang berisi citra awal tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.
2. Peristiwa dan Masalah: Bagian kejadian atau kejadian yang berisi sebuah kejadian atau kejadian pernah dialami, termasuk didalamnya berisi wacana problem yang pernah dihadapinya dalam tujuan serta cita-citanya. Hal-hal yang menarik, mengagumkan, mengesankan, dan mengharukan pernah dialami tokoh diuraikan dalam bab ini.
3. Reorientasi: Reorientasi ialah bab epilog yang berisi pandangan penulis terhadap tokoh yang bersifat opsional artinya sanggup ada atau tidak.

Baca Juga:

adalah sebuah goresan pena yang membahas mengenai kehidupan seseorang Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, & Struktur Biografi

Demikianlah gosip mengenai Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, & Struktur Biografi. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian biografi, ciri-ciri biografi, struktur biografi. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.
LihatTutupKomentar