-->

Pengertian Sistem Informasi, Ciri, Fungsi, Komponen & Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Sistem Informasi, Ciri, Fungsi, Komponen & Menurut Para Ahli|Secara Umum, Pengertian Sistem Informasi adalah suatu sistem yang menyediakan warta untuk administrasi pengambilan keputusan/kebijakan dan menjalankan operasional dari kombinasi orang-orang, teknologi warta dan prosedur-prosedur yang terorganisasi.  atau sistem warta diartikan sebagai kombinasi dari teknologi warta dan kegiatan orang yang memakai teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen. Sedangkan dalam arti luas, sistem warta diartikan sebagia sistem warta yang sering dipakai berdasarkan kepada interaksi antara orang, proses, algoritmik, data dan teknologi.

Artikel Terkait: Pengertian Sistem Informasi, Ciri, Fungsi, Komponen & Menurut Para Ahli
Secara terpisah, Pengertian Sistem yaitu kumpulan orang yang saling bekerja sama dengan ketentuan-ketentuan aturan yang sistematis dan terstruktur untuk membentuk satu kesatuan melaksanakan suatu fungsi untuk mencapai tujuan. Sistem mempunyai beberapa karakteristik atau sifat yang terdiri dari komponen sistem, batasan sistem, lingkungan luar sistem, penghubung sistem, masukan sistem, keluaran sistem, pengolahan sistem dan sasaran sistem. Sedangkan Pengertian Informasi yaitu data yang diolah menjadi lebih berkhasiat dan berarti bagi penerimanya dan untuk mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan mengenai suatu keadaan. 

Pengertian Sistem Informasi (SI) Menurut Para Ahli
  • John F. Nash: Pengertian sistem warta berdasarkan John F. Nash yaitu kombinasi dari manusia, kemudahan atau alat teknologi, media, mekanisme dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atau transaksi tertentu dan rutin, membantu administrasi dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.
  • Robert A. Leitch: Menurut Robert A. Leitch, pengertian sistem warta yaitu suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan seni administrasi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
  • Henry Lucas: Pengertian sistem warta berdasarkan Henry Lucas yaitu suatu kegiatan dari prosedur-prosedur yang diorganisasikan, apabila dihukum akan menyediakan warta untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam.
  • Alter: Pengertian sistem warta berdasarkan Alter bahwa sistem warta yaitu sebagai  tipe khusus dari sistem kerja dimana insan dan/mesin melaksanakan pekerjaan dengan memakai sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/jasa bagi pelanggan. 
Fungsi Sistem Informasi 
  • Untuk meningkatkan aksesiblitas data yang ada secara efektif dan efisien kepada pengguna, tanpa dengan prantara sistem informasi.
  • Memperbaiki produktivitas aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem
  • Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem warta secara kritis.
  • Mengidentifikasi kebutuhan mengenai keterampilan pendukung sistem informasi
  • Mengantisipasi dan memahami akan konsekuensi ekonomi
  • Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi 
  • Mengembangkan proses perencanaan yang efektif  
Komponen Sistem Informasi (SI)
komponen-komponen dari sistem warta yaitu sebagai berikut... 
1. Komponen input adalah data yang masuk ke dalam sistem informasi 
2. Komponen model adalah kombinasi prosedur, kebijaksanaan dan model matematika yang memproses data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah di tentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
3. Komponen output adalah hasil warta yang berkualitas dan dokumentasi yang berkhasiat untuk semua tingkatan administrasi serta semua pemakai sistem. 
4. Komponen teknologi yaitu alat dalam sistem informasi, teknologi dipakai dalam mendapatkan input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output dan memantau pengendalian sistem. 
5. Komponen basis data adalah kumpulan data yang saling berafiliasi yang tersimpan di dalam komputer dengan memakai software database.
6. Komponen kontrol adalah komponen yang mengendalikan gangguan terhadap sistem informasi.
Ciri-Ciri Sistem Informasi 
a. Baru,adalah warta yang didapat sama sekali gres dan segar bagi penerima 
b. Tambahan, yaitu warta sanggup diperbaharui atau menawarkan pemanis terhadap warta yang sebelumnya telah ada. 
c. Kolektif, yaitu warta yang sanggup menjadi suatu koreksi dari warta yang salah sebelumnya.
d. Penegas, adalah warta yang sanggup mempertegas warta yang telah ada

Baca Juga:

Pengertian Internet, Fungsi, Manfaat & Sejarah Internet
Pengertian, Manfaat dan Macam-Macam Jaringan Komputer
Pengertian Software, Fungsi, Jenis-Jenis & Contohnya
Pengertian Jurnalistik, Sejarah Jurnalistik & Menurut Para Ahli

Demikianlah warta mengenai Pengertian Sistem Informasi, Ciri, Fungsi, Komponen & Menurut Para Ahli. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian sistem informasi, pengertian sistem warta berdasarkan para ahli, komponen-komponen sistem informasi, ciri-ciri sistem informasi, pengertian sistem warta berdasarkan para ahli. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi: Pengertian Sistem Informasi, Ciri, Fungsi, Komponen & Menurut Para Ahli
  • Susanto, Azhar. 2004. Sistem Informasi Manajemen Konsep dan Pengembangannya. Bandung: Lingga Jati.
LihatTutupKomentar